Rabu, 11 Januari 2017

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Tanaman untuk Meningkatkan Kualitas Air

Tags



Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan kualitas air, seperti memupuk. Dengan teknik seperti itu fitoplankton dan zoopflankton tumbuh subur. 

Beberapa tanaman yang dapat dipakai dalam peningkatan kualitas air adalah sebagai berikut :

a. Kandungan Kimia : daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri
b. Bagian yang Digunakan : daun dan batang
c. Aplikasi :
Bagian yang penting untuk meningkatkan kualitas air adalah kulit batang. Caranya, potong tanaman ini sebanyak 60 Kg untuk kolam seluas 100 m2, lalu dijemur selama 6 jam hingga layu. Setelah itu, masukan batang Lampesan ke kolam selama 2-3 hari. Batang akan hancur sampai tersisa bagian kayu yang keras. Air akan berwarna kehijau hijauan dan menumbuhkan fitoplankton sebagai makanan zooplankton.
Derajat keasaman air yang terlalu tinggi akan berakibat buruk pada pertumbuhan ikan, seperti nafsu makan ikan kurang. Bak dengan luas dasar berukuran 24 m2 masukan lampesan sebanyak 30 Kg selama 2 hari.

a. Kandungan Kimia : daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan minyak asiri.
b. Bagian yang digunakan : batang dan daun
c. Aplikasi
Berfungsi memperbaiki kualitas air caranya, potong batang dan daunnya sebanyak 20 kg untuk kolam seluas 100m2. Perendaman dilakukan selama 5 hari.
Tanaman ini juga dapat mengobati ikan stres dengan cara ambil 20 kg tetean untuk luas dasar kolam berukuran 24 m2. Aplikasi perendaman cukup 2 hari yang ditandai air berwarna kehijau-hijauan. Bibit ikan direndam selama 4 jam, kemudian dapat ditebar kekolam.

a. Kandungan Kimia : buah dan pelepah mengandung saponin dan alkaloid. Buah juga mengandung tanin, sedangkan pelepah mengandung polifenol.
b. Bagian yang digunakan : inti batang semu dan bonggol
c. Aplikasi
Menurut pengalaman peternak ikan bonggol ikan sangat bagus untuk menurunkan pH air. Bagian batang tanaman pisang yang berfungsi menurunkan pH air adalah getah yang keluar dari batang dan bonggol. Caranya, ambil batang pisang berikut bonggolnya untuk luas dasar kolam berukuran 24 m2 digunakan 30 kg batang pisang. Cacah seukuran 1-2 cm agar tidak mudah busuk, selanjutnya direndam sehari lalu diambil lagi.
Pisang juga sebagai media pakan alami. Caranya, batang pisang dipotong-potong agak besar lalu dimasukkan kekolam. Lebih baik batang pisang yanmg digunakan sudah busuk. Biasanya dibatang tersebut akan tumbuh jasad renik atau cacing yang merupakan pakan ikan yang baik.

a. Kandungan Kimia mengandung Tanin yang bersifat Astrigen dan mengerutkan kulit
b. Bagian yang digunakan : daun, batang dan akar
c. Aplikasi
Daun sebaiknya dijemur terlebih dahulu selama enam jam agar layu. Setelah itu daun ketapang dimasukan kedalam kolam selama 2-3 hari tanpa dipotong kecil kecil. Daun ini berfungsi menurunkan pH air.

a. Bagian yang digunakan : seluruh tanaman
b. Aplikasi
Dapat menjaga kualitas air karena menyerap polutan atau racun. Caranya, enceng gondok tersebut dimasukan sebanyak sepertiga bagian kolam. Penggunaan tanaman ini terutama pada saat pendederan sistem hapa, sistem ini dilakukan agar larva ikan terisolasi dari predator.
Fungsi lain dari enceng gondok yaitu sebagai tempat menempel telur ikan, selain itu dapat ditemui jasat renik yang merupakan pakan alami ikan.

a. Bagian yang digunakan : seluruh batang tanaman
b. Aplikasi
Tumbuhan ini sangat bagus untuk menumbuhkan plankton, cara untuk meningkatkan kualitas air yaitu, jerami diambil sebanyak 5 kg, lalu dijemur selama lima hari sampai kering. Selanjutnya jerami diikat menjadi beberapa bagian dan dimasukan kebeberapa pojok kolam. Usahakan perendaman tidak terlalu lama karena akan menimbulkan bau masam dan dapat dijadikan tempat berlindung ucrit-predator anak ikan.


EmoticonEmoticon