Selasa, 27 November 2018

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Sahidnya Saad bin Robi'


Syahidnya Sa'ad Bin Rabi'
Peristiwa perang Uhud berakhir menyedihkan bagi kaum Muslimin, sekitar tujuh puluh orang dari mereka jatuh Syahid, termasuk Sayidina Hamzah paman Nabi Muhammad SAW.
Pada mulanya, pasukan Islam menang dan mengusasi pertempuran, namun akibat ketidaktaatan serta ketidakdisiplinan sekelompok pasukan yang dipimpin oleh Rasulullah Muhammad SAW, untuk berdiam di atas bukit, akhirnya musuh berhasil menyerang balik dan pasukan Islam menjadi kocar-kacir.  Ada yang terbunuh, ada yang lari, dan ada sekelompok kecil yang tetap setia menyertai dan melindungi Rasulullah Muhammad SAW.  Sekelompok kecil pasukan ini menyusun kembali kekuatan dan berhasil mencegah gerak maju pasukan musuh. Mereka yang lari adalah karena sebuah isu yang dihembuskan oleh pihak musuh bahwa Rasulullah Muhammad SAW telah terbunuh, namun setelah memahami bahwa ternyata Rasulullah Muhammad SAW masih hidup, merekapun menemui keberanian dan semangatnya kembali, sebagian ada yang jatuh terluka, tergeletak di atas tanah tanpa mengetahui bagamana nasibnya nanti.
Salah seorang dari mereka adalah Sa’ad Bin Rabi’ yang terkena dua belas luka sabetan pedang musuh dengan luka yang cukup serius.  Kala itu datanglah seorang pejuang Muslimin menghampiri Sa’ad yang terkapar lemas seraya berkata “Aku mendengar Rasulullah Muhammad SAW telah gugur..!”
Sa’ad Bin Rabi’ kemudian berkata “Apabila Muhammad SAW terbunuh, maka Tuhannya Muhammad tidak akan pernah terbunuh, agama serta risalah yang dibawanya akan selalu terjaga, nah apa yang sedang Kau lakukan di sini..? cepat pergi dan bela-lah agamamu..!”
Sementara itu Rasulullah Muhammad SAW, menyusun kembali pasukan Muslim yang telah porak-poranda, beliau memanggil satu persatu para sahabatnya, untuk mengetahui siapa yang masih hidup dan siapa yang telah gugur sebagai Syuhada.
Beliau tidak menemukan Sa’ad Bin Rabi’ seraya bertanya, “Adakah diantara kalian yang bersedia mencari informasi tentang keadaan Sa’ad Bin Rabi’ dan memberitakannya kepadaku..?” salah seorang dari kalangan keluarga Anshar berkata, “Aku bersedia ya.. Rasulullah”.
Pergilah lelaki dari keluarga Anshar tersebut mencari Sa’ad Bin Rabi’ dan kemudian menemukan Sa’ad yang masih menyisakan beberapa hembusan nafas terakhirnya.  Lelaki Anshar itu berkata, “Wahai Sa’ad… aku diutus oleh Rasulullah Muhammad SAW untuk mencari tahu apakah engkau masih hidup atau sudah gugur.
Sa’ad Bin Rabi’ menjawab, “Sampaikan salamku kepada Rasulullah Muhammad SAW dan katakan bahwa Sa’ad telah gugur, sepertinya aku tidak akan bertahan dan sebentar lagi mati, katakan kepada Rasulullah bahwa Sa’ad berkata ‘Semoga Allah memberikan kepadamu sebaik-baik pahala yang diterima oleh seorang nabi..!'” lalu Sa’ad berkata lagi kepada lelaki Anshar tersebut. “Aku juga punya sebuah pesan untukmu, sampaikan kepada saudara-saudara Ansharmu dan seluruh sahabat Rasulullah SAW, katakan bahwa Sa’ad berkata, ‘Kalian tidak akan memiliki alasan di hadapan Allah SWT kelak di Hari Kiamat, apabila nabi kalian terbunuh atau terluka, sedang kalian masih hidup dan selamat.


EmoticonEmoticon